Semoga Keberadaan Blog Ini Dapat Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Anda

Sembuh Dulu Baru Pulang

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menjamin semua jemaah haji yang kini sedang sakit akan dipulangkan ke tanah air. Pemulangan jemaah tersebut akan terus dilakukan meski rangkaian penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi sudah berakhir. “Kegiatan di Mekah akan dihentikan pada 30 Desember 2008, tapi khusus jemaah sakit yang dirawat di RSAS (Rumah Sakit Arab Saudi, red) tak perlu khawatir karena tim kesehatan masih tinggal hingga 18 Januari 2009,” ungkap Wakil Ketua PPIH Arab Saudi bidang kesehatan, Dr dr Barita Sitompul ketika kepada Media Center Haji (MCH) di Madinah, Minggu, 21 Desember.

Oleh karena itu, PPIH mengimbau agar keluarga jemaah haji di tanah air tidak terlalu khawatir bila ada anggota keluarganya yang masih dirawat di Arab Saudi. Karena, hingga proses penyelenggaraan ibadah haji selesai, perawatan dan pengawasan kepada mereka tetap akan intens dilakukan.

“Kalau ternyata masih belum sembuh hingga batas waktu itu, maka akan kami serahkan ke Konjen (Konsulat Jenderal, red) RI di Jeddah agar diterbangkan ke tanah air sewaktu-waktu bila mereka sudah sembuh,” katanya.

Tak hanya perawatan, Daerah Kerja (Daker) Mekah juga bertanggung jawab kepada jemaah haji yang belum melengkapi rangkaian rukun dan wajib haji. Khususnya jemaah yang belum menuntaskan seluruh rangkaian ibadah haji, terutama rukun haji.

Menurut Barita, PPIH Mekah terus melakukan pemantauan terhadap jemaah yang sakit sehingga tidak dapat melaksanakan tawaf ifada. “Jemaah yang tidak dapat duduk, dengan posisi berbaring akan diupayakan dengan menyediakan alat khusus sehingga dapat melaksanakan tawaf,” katanya.

Tingginya angka sakit serta data kematian jemaah, Barita mengaku sangat rasional. Itu disebabkan tantangan fisik dalam musim haji 2008 lebih berat. Yakni pemondokan yang jauh di Mekah serta tingginya suhu ketika Wukuf yang mencapai 45 derajat Celcius.

Hal itu diperburuk dengan suhu di Medinah yang ekstrem dan turun hingga mencapai 13 derajat Celsius

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Sembuh Dulu Baru Pulang"

Berikan Komentar Anda

Back To Top