Semoga Keberadaan Blog Ini Dapat Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Anda

Tamasya Ke Luar Angkasa

Sepertinya impian untuk bepergian ke luar angkasa dengan pesawat penumpang, tengah berjalan di jalur yang benar. Kemarin, Virgin Galactic, perusahaan milik pengusaha nyentrik asal Inggris, Richard Brason, sukses melaksanakan uji coba WhiteKnightTwo (WK2), pesawat yang bakal meluncurkan pesawat penumpang SpaceShipTwo (SS2)di sub-orbit. WK2 disebut-sebut mampu mencapai ketinggian lebih dari target sebelumnya.

Menurut keterangan yang dilansir DailyTech, WK2 lepas landas dari Mojave Air and Space Port di California pukul 08.17 pagi waktu setempat lalu mendarat di tempat yang sama satu jam kemudian. Dalam uji coba tersebut, pesawat yang menggunakan empat mesin turbo Pratt and Whitney PW308A itu, berhasil mencapai ketinggan 16 ribu kaki (sekitar 4.876 km) atau 1.219 kilometer lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebelumnya,

"Pesawatnya terbang dengan sempurna. Ini adalah batu loncatan yang besar untuk seluruh industri penerbangan," kata Will Whitehorn, presiden Virgin Galactic. Rencananya, WK2 akan membawa SS2 yang berisi dua orang pilot dan enam penumpang ke sub-orbit. Lalu melepaskan SS2 hingga penumpangnya bisa merasakan keadaan hampa udara selama sedikitnya enam menit lalu kembali ke bumi.

Untuk merasakan sensasi tersebut, seorang penumpang dikenai biaya USD 200 ribu (sekitar Rp 2,1 miliar). Harga tersebut tidak terlalu mahal jika dibandingkan harga yang harus dibayar turis bila ingin berkunjung ke International Space Station (ISS) selama sepekan yakni USD 20-35 juta. Virgin Galactic menjadwalkan penerbangan pertama akan berlangsung 2010 mendatang. Segera setelah uji coba menunjukkan hasil positif, Virgin Galactic bakal memproduksi lima SS2 dan dua WK2.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tamasya Ke Luar Angkasa"

Berikan Komentar Anda

Back To Top