Pemasaran produk adalah rencana dalam menyampaikan sebuah informasi tentang suatu barang atau jasa. Mungkin agan-agan sering dengar khususnya mereka yang bergelut di dunia bisnis.kegiatan ini sistematis atau terencana yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan setiap orang. Tentu saya tidak perlu menjelaskan apa itu kebutuhan dan keinginan karena tentu setiap orang ada yang sama ada juga yang tidak. Betul betul betul. He..he
Di jaman yang serba edan ini (kata anak gaul) keinginan kerap kali menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi meskipun harus rela mengorbankan sesuatu yang sebenarnya lebih penting contohnya handphone dengan tipe tertentu. Nah , disinilah fungsinya sebuah strategi dalam pemasaran produk baru. Seseorang atau sebuah perusahaan perlu memikirkan sebuah terobosan dalam mempromosikan apa yang ingin dijual entah itu berhubungan dengan makanan. Pertanian, jasa, atau produk inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.
Bagi saya apabila sesorang ingin sukses maka ia harus
memperhatikan beberapa hal yang sangat penting sebelum menjual sebuah produk.
Diataranya :
1. Rencana
atau riset pasar. ini merupakan yang pertama dan faktor paling menentukan
2. Kualitas,
merupakan mutu untuk melihat seberapa bagus atau buruk sebuah produk, tentu
semua konsumen menginginkan kualitas tinggi menurut standar dari suatu segmen
pasar
3. Harga,
apakah selalu berbanding lurus dengan kualitas mungkin benar, tetapi pada
kenyataannya tidaklah selalu seperti itu. Saya juga sering membeli barang murah
tapi kualitas lumayan alias harga murah tapi tidak murahan.
4. Desain,
ini merupakan sesuatu yang sering sekali dikesampingkan oleh para pebisnis
Indonesia khususnya mereka yang menekuni bidang makanan dan minuman. Mereka
cenderung menganggap bahwa desain adalah pembungkus saja, yang sekali pakai
langsung buang . padahal faktor pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan,
semakin menarik terlihat akan semakin menambah keyakinan mereka untuk membeli.
Sudah banyak kok yang berhasil memperoleh keuntungan lebih dengan membuat
desain produk yang menarik meskipun isinya sama. Contoh kopi yang sering kita
lihat di TV lebih suka di beli orang ketimbang kopi yang dibungkus seadanya,
padahal isinya sama-sama kopi he..he..
5. Cara
promosi, bisa dilakukan dengan beberapa cara apakah online atau offline.
Promosi online bisa dilakukan dengan cara membuat blog atau web, bisa juga
melalui media sosial seperti facebook, twitter dll. Untuk offline saya sendiri menyarankan untuk mencari
atau menyewa tempat yang strategis miskipun biayanya sedikit lebih mahal tapi
saya yakin kok hasilnya akan lebih memuaskan.
Dari pemaparan diatas tentu kita semua sama sama tahu bahwa
jika ingin terjun kedunia penjualan ada beberapa yang perlu kita persiapkan
agar kita dapat mencapai hasil yang maksimal
dalam rencana pemasaran produk.
0 Komentar untuk "Pemasaran produk "
Berikan Komentar Anda