Semoga Keberadaan Blog Ini Dapat Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Anda

Pemasaran produk



Pemasaran produk adalah rencana dalam menyampaikan sebuah informasi tentang suatu barang atau jasa. Mungkin  agan-agan sering dengar khususnya mereka yang bergelut di dunia bisnis.kegiatan ini sistematis atau terencana yang  mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan setiap orang. Tentu saya tidak perlu menjelaskan apa itu kebutuhan dan keinginan karena tentu setiap orang ada yang sama ada juga yang tidak. Betul betul betul. He..he

Di jaman yang serba edan ini (kata anak gaul) keinginan kerap kali menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi meskipun harus rela mengorbankan sesuatu yang sebenarnya lebih penting contohnya handphone dengan tipe tertentu. Nah , disinilah fungsinya sebuah strategi dalam pemasaran produk baru. Seseorang atau sebuah perusahaan perlu memikirkan sebuah terobosan dalam mempromosikan apa yang ingin dijual entah itu berhubungan dengan makanan. Pertanian, jasa, atau produk inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.
Bagi saya apabila sesorang ingin sukses maka ia harus memperhatikan beberapa hal yang sangat penting sebelum menjual sebuah produk. Diataranya :
1.      Rencana atau riset pasar. ini merupakan yang pertama dan faktor paling menentukan
2.      Kualitas, merupakan mutu untuk melihat seberapa bagus atau buruk sebuah produk, tentu semua konsumen menginginkan kualitas tinggi menurut standar dari suatu segmen pasar
3.      Harga, apakah selalu berbanding lurus dengan kualitas mungkin benar, tetapi pada kenyataannya tidaklah selalu seperti itu. Saya juga sering membeli barang murah tapi kualitas lumayan alias harga murah tapi tidak murahan.
4.      Desain, ini merupakan sesuatu yang sering sekali dikesampingkan oleh para pebisnis Indonesia khususnya mereka yang menekuni bidang makanan dan minuman. Mereka cenderung menganggap bahwa desain adalah pembungkus saja, yang sekali pakai langsung buang . padahal faktor pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan, semakin menarik terlihat akan semakin menambah keyakinan mereka untuk membeli. Sudah banyak kok yang berhasil memperoleh keuntungan lebih dengan membuat desain produk yang menarik meskipun isinya sama. Contoh kopi yang sering kita lihat di TV lebih suka di beli orang ketimbang kopi yang dibungkus seadanya, padahal isinya sama-sama kopi he..he..
5.      Cara promosi, bisa dilakukan dengan beberapa cara apakah online atau offline. Promosi online bisa dilakukan dengan cara membuat blog atau web, bisa juga melalui media sosial seperti facebook, twitter dll. Untuk  offline saya sendiri menyarankan untuk mencari atau menyewa tempat yang strategis miskipun biayanya sedikit lebih mahal tapi saya yakin kok hasilnya akan lebih memuaskan.
Dari pemaparan diatas tentu kita semua sama sama tahu bahwa jika ingin terjun kedunia penjualan ada beberapa yang perlu kita persiapkan agar kita dapat mencapai hasil yang maksimal  dalam rencana pemasaran produk.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Pemasaran produk "

Berikan Komentar Anda

Back To Top